Jurnal Komunikasi Produktif Hari ke-15

Semakin hari, semakin mengusahakan diri untuk mengontrol dalam komunikasi. Sudah setengah bulan, menanantang diri untuk belajar bersama anak. Sambil membaca dan mengingat poin-poin di materi zona 1 yang belum dipraktikkan. Ketemu momen kemarin yang bisa dibuat belajar komunikasi hari ini. MasyaAllaah, tabarakallah.

Temuan Pembelajaran
Seperti biasa kalau mau ikut shalat, Hizbi akan berwudhu seperti pemahamannya. Berwudhu yang membuat sebagian bajunya basah. Kalau sudah begitu, tentu saya minta untuk ganti baju karena basahnya baju bisa menjadikan yang lainnya juga basah. Hizbi jelas tak mau dan protes. Berujung saya yang mengalah agar segera berangkat shalat juga.
Saya mencoba untuk fokus pada solusi dan masa depan dalam komunikasi produktif. Saya ajak bicara sambil menatap Hizbi seusai berwudhu. Saya katakan bahwa berwudhu dengan sedikit menunduk agar baju tidak basah. Saya contohkan gerakan menunduk. Hizbi menirukan dan bilang, '"Oh gini ya."

Kemarin masih perlu diajak untuk berganti baju. Hari ini, Hizbi mengikuti briefing and role playing, hasilnya tak lagi negosiasi untuk lepas baju karena basah. Alhamdulillah, tabarakallah. Bersama-sama belajar komunikasi tanpa mengegas.

Tantangan Berkomunikasi
Tantangan kali ini adalah berpikir jernih dan positif. Komunikasi produktif yang tak hanya fokus dan bicara masalah saja. Ternyata kalau dipikirkan baik-baik dan fokus untuk perubahan, insyaAllah bisa.

Alhamdulillah apresiasi 5 bintang untuk hari ini. InsyaAllah masih tetap belajar meski menulis jurnal di zona 1 ini sudah selesai. Semoga Allah senantiasa membimbing dalam mendidik anak.

#harike-15
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar