Keajaiban Tujuh Indra

Sepengetahuan saya, setiap manusia mempunyai lima indra atau sering disebut panca indra. Jika ada yang mempunyai indra keenam, itu hanya orang-orang tertentu saja. Tapi saya langsung penasaran begitu membaca kata tujuh indra. Terlebih judul bukunya menarik yaitu 'keajaiban tujuh indra'. Judul itu membuat saya tertarik untuk membeli dan membacanya. Setelah saya baca, ternyata saya masih perlu banyak menggali dan memperbarui pengetahuan yang terus berkembang. Nah, saya coba untuk mengulas sedikit isi buku tersebut.

Ada tujuh indra dimiliki setiap orang di dalam dirinya. Apa saja tujuh indra itu?
  1. Indra penglihatan yaitu mata. Berkaitan dengan rangsangan secara visual terhadap gambar, warna, cahaya ataupun bentuk.
  2. Indra penciuman yaitu hidung. Rangsangannya berupa bau. Begitu ada bau yang tercium maka reseptor di dalam hidung  akan mengirim pesan ke otak untuk mengidentifikasi jenis bau.
  3. Indra perasa yaitu lidah. Ada empat macam rasa yang dapat dideteksi lidah antara lain manis, asin, asam dan pahit. Keempatnya mempunyai wilayah rangsangan masing-masing di lidah.
  4. Indra pendengaran yaitu telinga. Rangsangannya bisa berupa bunyi dan getaran.
  5. Indra peraba yaitu kulit. Kulit memproses rangsangan berupa sentuhan, suhu maupun tekanan
  6. Indra vestibular. Indra ini mendapat rangsang dari dalam tubuh, berkaitan dengan gravitasi, gerak tubuh dan keseimbangan.
  7. Indra proprioseptif. Indra yang juga mendapat rangsang dari dalam berupa kesadaran tubuh.

Ketujuh indra itu saling berkaitan dan berkoordinasi atas izin Allah supaya kita dalam beraktivitas dengan baik. Koordinasi antar indra disebut sensori integrasi. Contohnya ketika kita sedang berkendara. Indra penglihatan untuk melihat ruas jalan, rambu, kendaraan atau pemandangan sekitar. Indra peraba yang bekerja memegang kemudi dengan baik. Indra pendengar yang menerima rangsang bunyi klakson dan kendaraan lainnya. Indra proprioseptif yang mengkoordinasi posisi tubuh agar stabil. Masih banyak aktivitas lainnya yang melibatkan koordinasi antara tujuh indra tersebut. Maha besar Allah dengan segala ciptaanNya.

Keajaiban 7 Indra
Tapi jika sensori integrasi kurang berkembang dengan baik dalam koordinasi maka akan menghasillkan sesatu yang tidak nyaman dalam diri kita. Misal kesulitan membedakan warna, tidak peka pada bunyi tertentu, sangat memilih makanan (memilih hambar atau banyak bumbu, harus terasa dingin atau panas) dan masih banyak contoh lainnya. Kita bisa menerka sendiri, mana dari ketujuh indra yang terasa sensitif jika diberi rangsangan sehingga memerlukan stimulasi sensori yang tepat. Dengan begitu kita juga bisa lebih optimal memberikan stimulasi sensori pada anak semisal anak mempunyai kencenderungan sensitivitas sensori yang sama dengan kita. Ada banyak contoh stimulasi permainan sensori yang bisa menjadi rujukan kita dari buku ini, selain bisa mengisi kuisioner kecenderungan jenis profil sensori kita.

Comments