Target Ramadhan

Ini baru hari kedua, berarti masih ada 28 hari lagi untuk berpuasa seharian penuh. Apakah masih sanggup meneruskannya?

Ah iya, jadi inget murid-murid kesayangan kalau hari ini mereka juga masuk sekolah di pondok ramadhan hari kedua. Hebat kan, tidak libur pada permulaan puasa. Ketika ditanya, siapa yang tadi malam sahur dan juga ikut shalat subuh, wih 90% yang mengangkat tangannya. Mereka juga tidak ingin lewatkan momen menahan hawa nafsu sampai hari ke-30 bulan ramadhan. Mereka tidak ingin membiarkan malam-malam ramadhan sepi tanpa ibadah sunnah tarawih. Kotak amal yang terpampang di depan mereka juga tidak ingin dibiarkan lalu begitu saja. Bibir-bibir mereka tidak hanya mengeluarkan kata-kata manis manja kepada orang tua tetapi juga pelafalan kalimat-kalimat yang ada di Al Quran. Mereka sudah memasang target yang harus mereka capai di bulan yang penuh berkah ini. Secara kualitas, memang masih jauh di bawah standar orang dewasa tapi mereka sudah mempunyai gambaran bagaimana menghabiskan hari-hari di bulan ramadhan tidak hanya diisi dengan berbaring saja di tempat tidur.

Bagaimana dengan target ramadhan kita? Secara kuantitas pula, kita pasti bisa melampaui sangat jauh dari contoh target murid-murid kesayangan saya. Dan kita sendiri yang bisa menentukan kualitas segala tindakan berdasarkan niat yang kita kerjakan. Jika kita membayangkan bahwa ini ramadhan terakhir kita, tentu kita tidak akan melewatkan momen istimewa di bulan yang istimewa ini juga kan.
#ramadhan hari kedua

April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar