Saturday, 20 December 2014

Hasil Belajar Siswa

Bagi siswa (mungkin) ini adalah hari yang ditunggu-tunggu, memangnya kenapa? Karena inilah hari pengambilan hasil belajar mereka selama 1 semester. Iya nggak yaa .. ^^a

Itu tandanya libur telah tiba untuk kita (murid dan guru). Sebetulnya siapa yang paling menanti, muridnya atau gurunya ya? Berkat kurikulum 2013 yang super, akhirnya setiap guru mendapat kesempatan lebih untuk semakin fokus dalam memproses hasil belajar siswa. Terutama di Surabaya, sudah diberikan peringatan bagi sekolah swasta untuk tetap melanjutkan kurikulum 2013 disertai kritik dan saran membangun atauu tidak melanjutkan proses kurikulum 2013 dengan syarat tertentu dan memiliki target kapan siap menjalankannya. Dan diharapkan orang tua juga semakin proaktif dengan kurikulum baru 2013 ini.

Hasil belajar siswa merupakan hasil dari setiap proses pembelajaran selama di sekolah. Dan memang, kurikulum 2013 seharusnya sangat menunjang proses penilaian anak di sekolah, mulai dari sikap hingga akademisnya. Sehingga menghasilkan tugas yang tidak sedikit bagi seorang guru yang benar-benar ingin menilai siswa secara objektif segala kemampuan siswa. Tapi di satu sisi, mengakibatkan sebagian kecil guru untuk mengambil jalan pintas dengan tujuan agar semua nilai indikator itu terpenuhi tanpa ada bukti otentik hasil kemampuan siswa selama ini. Ckckck. Lalu bagaimana hasil belajar siswa jika memang ada guru yang memberikan nilai random seperti itu?

No comments:

Post a Comment