Saturday, 29 November 2014

Sama Tapi Tak Serupa *Sebut Saja Stick*

"Ustadzah, kalau aku makan hebat hari ini dapat stick es krim ya?"
"Oiya, kemarin Ustadzah sudah janji ya. Oke nanti Ustadzah beri kalau makannya sudah hebat :)"

Dalam perkembangan anak, mereka akan belajar banyak hal baru di sekitar lingkungannya. Jika lingkungannya terjaga dengan baik, insyaAllah sikap dominan yang akan muncul adalah sikap yang baik meskipun tidak dipungkiri ada contoh perilaku kurang baik di sekitarnya. Usia anak sekitar 7-14 tahun semakin menekankan sikap tanggung jawab dan disiplin pada anak sesuai dengan 4 tahap mendidik anak cara Rasulullah SAW. Ketika mereka mampu melakukan disiplin dan tanggung jawab sesuai dengan pengertian dan cara memahamkan pada mereka, perlu adanya apresiasi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab yang lebih dalam diri mereka.

Seperti kejadian beberapa hari yang lalu, ketika salah satu nanda yang mempunyai kebiasaan makan lama, akhirnya mempunyai tanggung jawab menghabiskan nasi yang diambilkan meskipun hanya 1-2 sendok saja. Beberapa kali memang sering habis dan itu terjadi begitu saja dengan memberi "reward" berupa pujian :)

Ketika pelajaran tematik tema ke-4 membuat bingkai foto dari stick es krim, anak-anak bisa membuat permainan dari sisa stick es krim yang tidak terpakai bingkai. Anak-anak senang dan menikmati permainannya. Sempat juga memberikan "reward" stick es krim kepada yang sudah santun berbicara dan santun mendengar. Karena hal tersebut, nanda ingin mendapatkan stick juga seperti teman-temannya yang lain. Saya memberikan syarat itu dan keesokan harinya, nanda tersebut menagih janji saya sambil bersemangat makan dengan lahap.

Ah, apresiasi terhadap perkembangan kebaikan anak itu memang penting, sekecil atau sesepele apapun. Mungkin sepele bagi kita untuk memuji sedikit perubahannya tapi akan sangat berarti bagi mereka karena bisa saja mereka menganggap bahwa mereka telah berubah. 

Alhamdulillah, nanda hanya meminta stick es krim bukan stick PS untuk game di PC. Stick es krim bisa menjadi saran belajar dan bermain yang kreatif bagi mereka. Meskipun rata-rata merupakan anak yang punya dari segi materi namun jika orang tua mengajarkan untuk bersikap tidak berlebihan (sederhana) maka akan sedikit lebih mudah mengondisikan sang anak untuk bersikap apa adanya dalam hidup. Karena stick es krim juga tidak terlalu menimbulkan efek kecanduan yang tinggi dibandingkan stick PS :)

Stick Es Krim

No comments:

Post a Comment