Thursday, 8 May 2014

One Day One Juz

Istilah yang sedang ramai disiarkan di dunia nyata maupun melalui jalur dunia maya. Ketika suatu hal baru itu muncul, biasanya menimbulkan pro dan kontra yang dihasilkan. One Day One Juz (ODOJ), istilah sederhana namun maknanya membuat orang menjadi tertantang melakukannya. Yap, satu hari satu juz yaitu menghabiskan membaca Al Quran atau tilawah 1 juz per hari. 

Konsistensi membaca Al Qur'an setiap hari memang membutuhkan latihan. Apalagi yang belum terbiasa untuk membaca setiap hari kemudian seakan dipaksakan menjadi satu juz dalam sehari. Terasa bersemangat di awal namun bisa berguguran kembali jika niat untuk melakukannya belum terbangun dengan baik. 

Jika merasa belum mampu membacasatu juz dalam sehari, boleh diawali dengan setengah juz sehari namun diberi tenggat waktu hingga target minimal satu juz dalam sehari bisa tercapai. Syukur alhamdulillah, apabila ditambah dengan membaca terjemahan hingga kita dapat merenungi *SelfReminder* dan tidak lupa untuk menambah hafalan bacaan Al Qur'an. Malu jika dibandingkan dengan anak kecil SD kelas 1 yang sudah berhasil menghafalkan juz 30 jika dibandingkan umur saya yang beberapa tahun lagi mencapai seperempat abad T.T

Aktivitas yang baik jika dilakukan secara berulang-ulang selama minimal 1 bulan saja, InsyaAllah akan menjadi suatu kebiasaan baik yang jika ditinggalkan mengakibatkan ada sesuatu yang hilang. Segala sesuatunya tetap harus diawali dengan niat yang ikhlas beribadah untuk mendekatkan diri kita pada Allah. Karena salah satu yang dapat menjaga akhlak kita itu juga dari seberapa intensif interaksi kita dengan Al Qur'an.

Bisa dibayangkan, betapa berkahnya negeri ini jika para pengusaha muslim yang berkembang setiap malam hari dapat menyelesaikan bacaan Al Qur'an satu juz. Betapa santunnya negeri ini, jika para muslim pemegang pemerintahan mengisi waktu luangnya dengan menghabiskan bacaan Al Qur'an satu juz dalam sehari. Betapa kokohnya negeri ini jika para pemuda muslim bersedia mendahulukan tilawah minimal satu juz setiap hari.

Alhamdulillah, ada suatu gerakan yang dimulai dari komunitas kecil untuk membuat suatu sarana yang memudahkan setiap muslim/muslimah membiasakan membaca Al Qur'an satu juz dalam sehari. Komunitas ODOJ yang memanfaatkan teknologi melalui media whatsapp atau blackberry mesengger.

Subhanallah, Grand Launching One Day One Juz yang terlaksana pada 5 Mei 2014 mendapatkan apresiasi sangat besar dari muslim/muslimah di Indonesia sebagian besar hingga mendapatkan rekor dunia untuk komunitas dengan anggota terbanyak. Semoga para anggota aktif ODOJ tersebut senantiasa mendapatkan kemudahan disebabkan sering berinteraksi dengan Al Qur'an. Aamiin.

Dan yang masih menjadi PR adalah bagaimana implementasi bacaan One Day One Juz dalam kehidupan keseharian? Semoga kita senantiasa istiqomah berada di jalan kebenaran yang penuh rintangan baik dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

No comments:

Post a Comment