Wednesday, 27 November 2013

Selamat Hari Guru Nasional!

Setiap orang bisa menjadi guru bagi orang lain dan insyaAllah setiap guru mempunyai hati yang mulia *berpikir positif*. Namun beliau-beliau yang menyandang status sebagai guru pengajar memang harus dihormati dan dihargai. Mereka sudah membagikan ilmu sebagai amal jariyah yang senantiasa mengalir jika sang anak didik tetap mengingat dan mengamalkan ilmu eksak maupun non eksak.

Beberapa tahun silam, pekerjaan sebagai guru merupakan pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Mungkin saat ini masih ada yang menganggap seperti itu. Memang jarang seseorang yang memiliki niat tulus untuk menjadi seorang guru dari awal *mungkin saya termasuk salah satunya T.T*. Tapi itu bukan menjadi suatu hambatan untuk melakukan proses menjadi seorang guru yang mengajarkan ilmu dengan hati dan pikiran yang sangat mulia.

Seorang yang ikhlas mendedikasikan ilmunya untuk orang lain insyaAllah juga akan diberi Allah balasan yang setimpal.Jika tidak di dunia, Allah akan menjamin di akhirat kelak insyaAllah.



Menjadi guru itu tidak mudah dan senantiasa dituntut untuk aktif, kreatif, terampil termasuk update. Disebabkan zaman yang sudah berubah, mengubah pola pikir anak dan juga orang tua. Orang tua yang memiliki anggapan bahwa jika anak di sekolahkan maka akan "aman". Padahal guru hanya fungsi penunjang sebab pondasi dan pengisi anak yang utama tetaplah orang tuanya.

Memiliki guru-guru yang menjadikan saya seperti ini, sangatlah patut untuk disyukuri. Hari ini pun, hati saya terenyuh mendengar celetukan murid kelas 2b ketika ditanya ingin menjadi apa, dengan polosnya menjawab, "Pengen jadi kayak Ustadzah *panggilan guru wanita di sekolah tempat saya mengajar*" T.T

Saya masih perlu belajar banyak, jika diberi kesempatan untuk mendalaminya lagi. Karena sebagai seorang guru tidak hanya mempelajari tentang bidang studi yang diajarkan saja tetapi juga mempelajari tentang psikologi anak, komunikasi aktif, manajemen kelas dan ilmu yang berkembang di tengah anak-anak saat ini.

Teringat juga kata-kata dosen ketika di semester 8. Dosen tersebut mengajar tidak hanya membahas tentang teori Sistem Informasi Geografis saja tetapi juga nasehat sebagai berikut "Menjadi pendidik itu menyenangkan bertemu dengan anak kecil atau anak yang masih muda dalam sekian tahun dengan orang yang berbeda sehingga merasa diri ini memiliki umur awet muda. Dan melihat anak didik yang jauh lebih sukses akan menjadi suatu kebanggaan jika kita masih tetap diingat."

Selamat hari guru nasional 25 November 2013. Tetaplah mengajar dan menginspirasi. 

No comments:

Post a Comment