Sunday, 14 July 2013

Barakallahu Ramadhan

Menjelang pertengahan bulan Juli dan sudah hampir satu minggu berlalunya ramadhan. Subhanallah Allah masih memberi kesempatan untuk bertemu dan menikmati segala berkah yang berlimpah di bulan ramadhan. Di saat setiap orang berlomba-lomba dalam mengejar setiap kebaikan yang tersebar. Memanfaatkan setiap momen untuk mengisi hari-hari ramadhan. Semuanya terasa berbeda karena tidak hanya dinanti oleh umat muslim di Indonesia saja tapi umat muslim di seluruh belahan dunia mengharap keberkahan bulan ramadhan insyaAllah. Meskipun rentang waktu berpuasa di setiap negara berbeda-beda. Namun semua tetap dijalani dengan penuh pengharapan keberkahan dari Allah SWT.

Pernahkah kita terpikiran harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal jika ingin menyambut tamu istimewa? Begitu juga dengan ramadhan yang bisa kita ibaratkan sebagai tamu istimewa tentunya kita sudah bersiap untuk menyambutnya kan?

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menyambut datangnya ramadhan supaya ramadhan kita tidak berlalu dengan kesia-siaan, antara lain:

  1. Pemanasan puasa di bulan Rajab dan Sya'ban. Tujuannya supaya kita tidak kaget waktu berpuasa penuh satu bulan. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah berpuasa sunnah di satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya'ban. Sungguh, beliau berpuasa penuh pada bulan Sya'ban. (HR. Bukhari)
  2. Persiapkan target pencapaian tilawah namun perlu diingat bahwa bukan hanya kuantitas saja yang kita usahakan seperti memperbanyak jumlah khatam. Boleh saja, asalkan tidak menerobos tajwid-tajwid karena ingin cepat-cepat khatam.
  3. Mempersiapkan tambahan infaq dan sadaqah.
  4. Jika kita telah berlatih berpuasa sebelum bulan ramadhan, seharusnya kita tahu bagaimana adab berbuka dengan tidak melampiaskan segala haus dan dahaga.
  5. Mulai rajin shalat malam supaya kita tidak tertinggal malam-malam istimewa di bulan penuh barakah ini.
Begitu banyak amalan yang bisa kita raih dan kita jemput selama bulan ramadhan ini, selain itu kita juga diharapkan memperkaya wawasan kita tentang islam. Agar dalam menjalankan ibadah kita mempunyai tuntunan yang jelas dan tentu harapan kita untuk mendapat keberkahan ramadhan. Semoga Allah masih mempertemukan kita di ramadhan berikutnya dan semoga kita dapat memanfaatkan hari-hari ramadhan ini dengan ikhlas untuk mendapat ridho Allah SWT.

Barakallahu Ramadhan 2013~



No comments:

Post a Comment