Saturday, 22 June 2013

Wanita Punya Cerita

Jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak karena ditunjang dengan luas wilayah yang sangat besar. Di setiap wilayah itu pasti memiliki beragam cerita yang bisa kita ambil bersama pelajarannya supaya kita sendiri mengantisipasi. Satu hal yang juga kita tahu bahwa kuantitas wanita lebih banyak daripada pria. Mungkin itu juga sebabnya banyak bayi-bayi lahir. Eh itu kesimpulan yang asal-asalan kok.

Berbicara tentang wanita itu tidak akan pernah habis, percaya nggak? Berbicara tentang pribadinya, gaya hidupnya, perjuangannya dan masih banyak lagi. Negara juga memperlakukan wanita secara lebih dengan mempunyai hukum-hukum sendiri terlebih di dalam agama islam. Karena wanita itu memang istimewa ^^

Dan seharusnya setiap wanita mulai mengenal dirinya sendiri bahwa wanita itu istimewa. Jika wanita sudah merasa istimewa seharusnya juga sadar untuk menjaga keistimewaan itu. 

Selama ini banyak yang mendengungkan hak asasi perempuan, kesetaraan gender dan lain sebagainya untuk menuntut hak dan kewajiban seorang wanita. Menurut anda penting kah? Jika memang ada hak yang belum didapat silahkan untuk diminta dengan syarat telah memenuhi kewajiban sebagai seorang wanita juga. Karena kodrat seorang wanita adalah sebagai ibu, pendidikan pertama bagi anaknya. Bagaimana ingin menjadikan anaknya pintar jika sang ibu tidak mengetahui perkembangan pola pikir anak? Apakah dengan mengasuh anak seolah hak-hak kita tidak terpenuhi? 

Sebaiknya kita kembali mengenali diri sebagai seorang wanita yang istimewa karena wanita juga memiliki hak istimewa yang tidak diperoleh oleh pria. Kita tetap dapat menjadi seorang wanita sukses dengan mengenali potensi kita tanpa meninggalkan kodrat sebagai seorang wanita. 

Saya tidak perlu memberi contoh terlalu jauh karena saya sendiri belum menikah. Mencoba mengenali potensi diri dan memahami kodrat sebagai seorang wanita dapat dilihat dari segi penampilan sehari-hari. Penampilan wanita juga perlu menjadi perhatian lebih agar tidak disalah artikan para pria hingga timbul niat-niat tidak baik dari mereka. Alangkah baiknya jika wanita berpakaian tertutup terutama yang menutup aurat :)

Dari segi sikap dan perilaku, wanita memang cenderung lebih lembut dibandingkan pria. Sepatutnya kita menjaga sikap dengan tidak merendahkan derajat diri di hadapan pria juga tidak merasa sok jika disandingkan dengan mereka. Dengan tetap memperhatikan adab pergaulan yang baik antara wanita dan pria :)

Jika hal-hal kecil saja kita benar-benar memahami hak dan kewajiban sebagai seorang wanita, tentunya kita dapat memaksimalkan potensi diri kita tanpa meninggalkan identitas kita. Selain itu, kita juga terhindar dari hal-hal yang dapat menimbulkan resiko bagi wanita. Karena setiap wanita mempunyai cerita, tinggal diri sendiri yang menentukan alur dan tokoh yang ingin dilibatkan dalam pembuatan cerita hidup untuk sejarah anak dan cucunya nanti. Jadi, ingin meniru cerita Khadijah istri Rasulullah atau Wa'ilah istri Nabi Luth?

No comments:

Post a Comment