Tuesday, 21 May 2013

Prioritas

Jika dilempar pertanyaan tentang pengertian prioritas apa jawabanmu? Setiap dari kita memiliki jawaban yang berbeda sesuai kapasitas pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki. Yang saya pahami sesuai dengan pengetahuan dasar saya adalah suatu pilihan untuk mendahulukan suatu hal yang penting dan mendesak dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam satu hari begitu banyak agenda atau kegiatan yang menghabiskan waktu 24 jam. Lalu dari berbagai kegiatan tersebut manakah yang paling banyak mengandung makna penting dan mendesak? Tentu kita sendiri yang bisa menilai.

Saya sendiri masih belajar mengimplementasikan makna prioritas itu dalam kehidupan sehari-hari yang *mulai* mengakrabi Tugas Akhir. Ah, sudah tinggal menghitung hari saja. 

Terkadang sebagian dari kita sangat mudah untuk melakukan suatu perencanaan bahwa ada satu hal atau beberapa yang harus diprioritaskan. Namun pada kenyataannya godaan-godaan kecil berdatangan untuk mengacaukan rencana prioritas sebelumnya sehingga kepentingan yang mendesak dan penting, posisinya tergantikan dengan hal yang lain.

Apapun yang menjadi prioritas untuk memilih suatu hal juga diiringi dengan niat dan komitmen. Karena waktu dalam sehari hanya diberi kesempatan 24 jam maka kita harus pintar untuk mengatur suatu prioritas. Dan seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk memilih suatu prioritas kebaikan?

Saya juga masih tahap pembelajaran menuju proses pemilihan dan pelaksanaan prioritas yang benar. Karena di dalam hidup kita juga tidak pernah mengetahui hal spontan apa yang akan terjadi keesokan harinya. Tanpa ada persiapan dan perencanaan yang matang, rusak semua bayangan yang menjadi prioritas utama untuk dipilih dan diselesaikan terlebih dahulu. Selamat belajar dan menjaga prioritas hidup!



No comments:

Post a Comment