Wednesday, 6 March 2013

Itulah Indonesia

05.03
Kuliah hari pertama setelah libur semester tujuh pun dimulai. Karena masih pertemuan awal , belum masuk ke materi mata kuliah namun memberi pengantar kepada kami tentang kisi-kisi materi tiap pertemuan, perjanjian masuk dan perjanjian untuk nilai akhir. Selebihnya merupakan curhat seorang dosen yang mengajar Sistem Informasi Geografis tentang dunia nyata (setelah kuliah).

"Sesungguhnya orang-orang Asia Tenggara khususnya Indonesia memiliki potensi yang cukup besar untuk beradu otak dengan warga negara asing lainnya namun terkendala beberapa hal, antara lain kurang percaya diri, kurang belajar bekerja sama dan kurang bersemangat terutama dalam belajar bahasa." -Pak Syauqi-

Untuk melengkapi itu, tidak hanya bisa didapat dari bangku kuliah saja. Ternyata ada banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui organisasi, komunitas, paguyuban dll. Tentunya tidak hanya belajar lewat teori saja. Dan akan terlihat orang-orang yang jiwa kepemimpinannya menonjol. Kata Pak Syauqi lagi bahwa orang menjadi pemimpin yang baik pasti dulunya pernah menjadi orang yang dipimpin dengan baik. Karena semuanya akan terlihat jika orang yang berambisi menjadi seorang pemimpin, memiliki ego yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment