Wednesday, 3 October 2012

Benarkah Tradisi Tahunan?

Pemuda itu rentang umurnya mulai berapa sampai berapa? Jadi pemuda itu jika diciptakan sempurna, fisiknya insyaAllah masih kuat, umurnya muda, pemikirannya masih terbuka. Apa kabarnya pemuda Surabaya, pemuda Indonesia. Pemuda yang diharapkan menjadi aktor perubahan bangsa. Apa kabar untukku dan untukmu yang merasa muda?

Sibuk belajar, sibuk memperbaiki diri, sibuk mengikuti berbagai kegiatan sosial, sibuk bermain atau ... sibuk mencari kesalahan hingga terjadi perlawanan. Perlawanan yang terjadi antar sekolah berdekatan sangat ramai diblow up media massa. Belum tahu alasan pasti mengapa tindakan tawuran itu tetap berlanjut dari tahun ke tahun..

Menjadi introspeksi bersama bahwa sistem pembelajaran di rumah yang dilakukan oleh orang tua sangat jauh lebih penting. Karena orang tua menjadi teladan pertama bagi anak. Sehingga jika hanya mengandalkan pihak sekolah, itu tidak adil, tidak seimbang dan orang tua terkesan lepas tanggung jawab.

Pendidikan pertama yang harus ditanamkan kepada seorang anak adalah pendidikan agama, tanpa pondasi agama yang kuat seorang anak tidak mempunyai pegangan yang kuat dalam bertingkah laku. Karena dengan landasan ibadah, seseorang tidak hanya mendapatkan pahala dari sah atau tidaknya shalat tapi esensi dari shalat yang dilakukannya.

Membahas masalah pemuda, tidak akan pernah ada habisnya. Tinggal action yang berani ambil resiko, postif, tidak menyalahi syari'at islam insyaAllah akan menghasilkan pemimpin hebat.

Pengen keren, pengen dibilang gaul yang tidak membahayakan. Ikut aja ROHIS, tinggal digali semua potensi yang kita punya dan kembangkan. Karena Allah pasti memberikan kita suatu ruang gerak dengan batasan yang tidak menyulitkan, jika kita memahaminya.

Wallahu'alam..

No comments:

Post a Comment