Tuesday, 14 August 2012

Modernisasi Mendongkrak Kemajuan Umat Islam


Allah telah menjanjikan bahwa masa depan itu milik Islam. Karena agam Islam merupakan agama yang mengatur sistem kehidupan, agama yang fitrah, agama kemanusiaan, agama yang seimbang dunia akhirat. Islam sebagai agama semua umat manusia di seluruh penjuru dunia dan media sebagai penghubung manusia satu dengan yang lain antar negara. Keberadaan media cetak maupun elektronik sangat mempengaruhi perkembangan seluk beluk Islam baik positif maupun negatif. 
Media elektronik juga tidak terlepas dari keberadaaan media online. Media online yang sangat menjamur di kalangan masyarakat menengah ke atas. Media online sebagai sarana penyebaran berita secara cepat dibandingkan melalui media cetak.

Kemajuan dakwah Islam sudah semestinya beriringan dengan kemajuan teknologi. Dakwah saat ini tidak hanya melalui tatap muka langsung dengan para obyek dakwah tetapi sang pendakwah bisa melakukan aktifitas dakwahnya hanya menggunakan laptop atau komputer untuk disebarkan ke obyek dakwah melalui media online.
Media online sangat memilki pengaruh besar bagi kemajuan umat Islam. Dari sebuah tulisan, gambar maupun video yang bertemakan Islam saja bisa menjadi dakwah secara tidak langsung namun tujuannya dapat tersampaikan.
Karena umat islam semakin hari semakin banyak jumlahnya dari berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga pejabat – pejabat, mulai dari pengangguran hingga ilmuwan mulai dari benua Asia hingga Eropa agar aktifitas dakwah tetap dapat terpenuhi dibutuhkan media – media yang menunjang salah satunya adalah media online. Media online yang dapat menjangkau dan menjadikan jarak begitu dekat. Media online yang dapat mengabarkan berita kebahagiaan, kepedulian, kesedihan antar negara. Jangan sampai kita terpaku pada ilmu dan ajaran – ajaran islam (akhirat) tapi ilmu sains, sosial dan teknologi kita tidak memahami atau yang paling parah tidak mengenalnya. Keseimbangan antara ilmu dunia dan akhirat yang menjadikan eksistensi agama selalu ada namun tidak melunturkan esensi agama islam sendiri.

No comments:

Post a Comment