SPEAK UP!

Sudah bukan zamannya lagi anak teknik gak bisa bicara di depan umum, sudah bukan zamannya lagi anak teknik gak berani tampil di depan umum! Itulah pesan yang saya tangkap dari kegiatan Public Speaking Training pada 26 - 27 November 2011 di PENS.
Karena mau tidak mau setelah lulus pasti kita akan terjun ke dunia sosial, dunia penuh persaingan dengan orang - orang yang bisa membawakan dirinya tampil di depan umum. Jangankan setelah kuliah, kalo mau lulus hadapi dulu itu presentasi di depan dosen penguji Tugas Akhir! Bismillah :)

Presentasi di depan banyak orang atau hanya sedikit itu memerlukan teknik-teknik yang benar. .
Untuk membawakan materi juga perlu diperhatikan, apakah dengan cara membaca, menghafal atau hanya membaca catatan kecil untuk mengingat kemudian dikembangkan..
Selain cara penyampaian, kita juga perlu diperhatikan bagaimana melihat atu fokus ke lawan bicara dari kemampuan 'eye contact' kita. Susah memang jika kita harap menatap mata lawan bicara kita, namun hal itu dapat disiasati dengan melihat area mata, mulai dari kening, tepi-tepi mata hingga dekat hidung. Jangan sampai kebablasan apalagi bukan muhrim :)

Bahasa tubuh juga penting, secara tidak sengaja badan kita jinjit, tangan kita terlalu berlebihan untuk bergerak, bibir kita selalu dibasahi. Itu semua akan terjadi saat kita grogi berbicara di depan.

Interaksi dengan pendengar / lawan bicara kita perlu dilibatkan juga untuk mengurangi rasa bosan pendengar. Bisa dengan bertanya meminta pendapat ataupun kita mencoba mencairkan suasana sesuai kemampuan kita dalam menghibur dan porsi yang dibutuhkan pendengar.

Ini yang paling susah, saat grogi muncul, coba ambil nafas dan hembuskan, mulai bicara secara tenang serta bayangkan hal- hal yang menyenangkan dan yang kita sukai  terhadap para pendengar di depan kita. Coba mengambil satu titik fokus yang seolah-olah kita menjangkau penglihatan pendengar kita.

Tidak mudah mempraktekannya jika kita tidak banyak latihan presentasi di depan orang banyak. Sebelum memulainya kita juga bisa mempraktekan sendiri di depan kaca, bagaimana ekspresi kita saat menyampaikan materi.

Perlunya 'ice breaking' seperti games, video-video serta kata-kata motivasi untuk mencairkan suasana dalam ruangan.. :)

Jangan terpaku pada sebuah kekurangan yang ada
Waktu masih berjalan, raga masih kuat, senyuman masih bisa dipaparkan
Keberhasilan menanti kita
Tidak ada kata tidak untuk sebuah kesuksesan
April Fatmasari
Assalamualaikum. Saya seorang ibu rumah tangga yang belajar menjadi blogger, penulis dan Canva designer. Memiliki ketertarikan dengan kepenulisan, pengasuhan, literasi anak, terutama read aloud. Belajar berbagi memaknai kehidupan dengan tulisan. Jika ingin menjalin kerja sama, dapat dihubungi melalui april.safa@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar